SI KECIL JAGO MATEMATIKA

Ketidakminatan terhadap matematika karena dua sebab:

  1. Metodenya salah
  2. Pengajarnya tidak bisa mentrasfer pemahaman yang tepat tentang matematika.

Yang harus dikuasai untuk belajar MathMagic:

1. Makna angka

Yakni, huruf dari perintah yang kita tulis digitnya. Contohnya, angka 136, mempunyai tiga digit angkat yaitu 1 ratusan, 3 puluhan, dan 6 satuan, dan seterusnya.

2. Hitungan dari kiri ke kanan

Umumnya jika kita menghitung angka dimulai dari kanan ke kiri. Dari satuan ke puluhan, ke ratusan, ke ribuan, dan seterusnya. Pernahkah anda berpikir sebaiknya? Menghitung dari kiri ke kanan, dari digit yang paling besar ke yang paling kecil. Contoh 4823+2762+1827. Lihat digit paling kiri, 4 ribuan ditambah 2 ribuan ditambah 1 ribuan sama dengan 7 ribuan atau 7(000). Sampai di sisi, kita tahu bahwa jawabannya tidak boleh kurang dari 7000.

3. Memori

Dalam metode ini akan melibatkan satu atau lebih angka 0 (nol) dalam tanda kurung, untuk menandai tempat agar mudah diingat. Contoh, jika bekerja pada digit ratusan, sementara kita tak ingin lupa kolom puluhan dan kolom satuan, kita akan menulisnya 1 (00). Jika bekerja dengan digit ribuan, kita menulis 1(000) dan seterusnya. Selanjutnya otak dan keinginan kita adalah satu-satunya peralatan yang kita gunakan sebagai kalkulator untuk menghitung.

4. Strategi

Yakni, KaBaTaKu (kali, bagi, tambah, kurang). Meski strategi ini sederhana untuk dipelajari dan digunakan, kita tidak dapat berharap bisa membaca sekali, kemudian menyimpannya begitu saja di otak kita. Untuk itu, perlu latihan terus-menerus. Selain itu, kreatifitas untuk menemukan strategi baru dalam berhitung, apalagi petualangan yang mengasyikkan. Apalagi, sepanjang waktu angka selalu melewati kepala kita.

5. Latihan

Harus menempati porsi terbesar dalam mempelajari matematika. Meski begitu dalam latihan bukan berarti anda harus mengerjakan 200 atau 300 soal matematika dalam sehari. Tapi, cukup 10 menit perhari atau berlatih dengan 10 soal perhari sudah cukup.

0 komentar:

About this blog

Blog ini hanyalah sekedar coretan bolpenku. Pikiran yang bergelayut di dalam benak yang coba kutuangkan ke dalam tulisan. Ringkasan atau materi menarik yang kudapatkan dan kutulis ulang atau apapun yang menarik hatiku tuk sekedar menuliskannya.